Besaran dan Satuan

Posted by : Fredy Takalamingan
Rabu, 24 Oktober 2012

Besaran dan satuan

Besaran dalam fisika diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur, serta memiliki nilai besaran (besar) dan satuan. Sedangkan satuan adalah sesuatu yang dapat digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran.

Berdasarkan satuannya besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu, berdasarkan ada tidaknya arah, besaran juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu besaran skalar dan besaran vector.

Besaran pokok
besaran yang digunakan sebagai dasar untuk menetapkan besaran yang lain.
Besaran Satuan (SI) Dimensi
Panjang m [L]
Massa kg [M]
Waktu detik [T]
Suhu K [ɵ]
Intensitas cahaya Cd [J]
Kuat arus Ampera [I]
Jumlah zat mol [N]

Besaran turunan
besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok.
Contoh:
Besaran Rumus SI Dimensi
Kecepatan v = s/t m/dt LT-1
Percepatan a = v/t m/dt2 LT-2
Gaya F = m.a Kg.m/dt2 MLT-2


Besaran skalar
Besaran yang hanya mempunyai nilai (besar) saja. Contoh besaran skalar, antara lain, massa, panjang, waktu, volume, energi, dan muatan listrik.

Besaran vector
Besaran yang mempunyai nilai (besar) dan arah. Contoh besaran vektor, antara lain, perpindahan, kecepatan, percepatan, momentum, dan gaya. Untuk menyatakan besaran vektor, harus menggunakan nilai (angka) dan disebutkan arahnya. Misalnya, Nisa berlari ke utara dengan kecepatan 5 km/jam dan Robert menggeser almari sejauh 3 meter ke barat.

(di sadur dari  http://frewave.wordpress.com )

0 komentar:

Copyright © 2012 Call Me " Fre " | Another Theme | Designed by Johanes DJ